Clannad & Clannad after story

Manga yang dibuat oleh KEY.

Manga ini sempat dibuat anime dan gamenya sendiri, gamenya dalam bentuk dating sim (agak sulit bagi saya untuk percaya bahwa manga ini dibuat dalam game bentuk seperti itu, tapi kayaknya menarik ya, hehe). Saya belum pernah bermain gamenya, sih tapi sudah membaca dan menontonnya. Menurut saya, manga ini sangat bagus sekali untuk dibaca oleh para penggemar romance. Di dalamnya, kelihatannya biasa-biasa saja dalam pandangan saya sendiri. Namun memiliki makna yang sangat dalam sekali, dan sempat telah menggerakkan hati saya dan terus mengenang endingnya sampai sekarang ini… Endingnya bisa dibilang sangat menyentuh dan menyedihkan namun penuh kebahagiaan, saya sendiri sudah tidak bisa menjelaskannya. Anime ini tidak diragukan adalah anime terbaik yang pernah kunonton.!

Berikut ini ringkasan ceritanya.

Seorang cowok SMA kelas 3 bernama Tomoya Okazaki. Tomoya tinggal sendiri di rumahnya dan ayahnya sendiri jarang pulang dan sering minum miras sehingga tomoya membencinya, tidak hanya itu dia juga sering dianggap berandalan oleh sekolahnya karena sering membolos sekolah. Namun semua berubah ketika dia bertemu seorang cewek SMA kelas 3 bernama Nagisa Furukawa di tengah perjalanan menuju sekolahnya, Nagisa itu agak aneh karena berbicara sama dirinya sendiri. Meksi dia kelas 3 SMA, sebenarnya dia lebih tua daripada Tomoya akibat ketinggalan kelas karena sakit dan tubuhnya yang lemah.

Sejak bertemu Nagisa, Tomoya mulai bertemu banyak teman. Dimulai dari temannya yang setia kawan bernama Youhei Sunohara. Well, karena terlalu banyak nama untuk disebut satu per satu, maka aku mengumpulkan semua namanya dalam daftar. Daftarnya sebagai berikut.

1. Tomoyo Sakagami (siswi pindahan kelas 2)

2. Kyou Fujibayashi dan Ryou Fujibayashi (siswi kembar)

3. Kotomi Ichinose (siswi jenius)

4. Fuko Ibuki (siswi kelas 1, pendiam dan sangat suka pahatan bintang laut)

6. Akio Furukawa (ayahnya Nagisa)

7. Sanae Furukawa (ibunya Nagisa)

8. Yukine Miyazawa (siswi kelas 2, perpustakawan)

Seharusnya ini sudah cukup jelas bagimu.! Bila ingin tahu lebih banyak, nonton. Oh iya, clannad ini punya sekuel yang bernama CLANNAD AFTER STORY. Ending sejati yang pernah ada ada di dalam sekuel itu, karena berakhirnya CLANNAD belum berarti selesai ceritanya. Setelah nonton CLANNAD, saya sarankan segera nonton CLANNAD AFTER STORY sampai selesai.! Karena endingnya sungguh-sungguh telah membekas  di dalam imajinasi dan pikiran saya sendiri.!! Sampai sekarang pun aku selalu merasa bersyukur atas hidupku karena endingnya. Mestinya saya berterima kasih kepada KEY, pembuatnya, yang telah mengajari saya tentang kehidupan.

Hmm, kayaknya berlebihan ya. hehe, tapi saya serius. saya jamin tidak sia-sia sama sekali. Anime terbaik.! Or I will say it, perfect.

About Demina

An ordinary man that very loves books, anime, manga, internet, and drawing.
This entry was posted in The list of Anime, The list of Manga and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

