The Borrower Arrietty

Film buatan Jepang fantasy tahun 2010, diproduksi oleh studio Ghibi berdasarkan juvenile fantasy novel berjudul The Borrower yang dibuat oleh Mary Norton (an english author).

Film ini ditayangkan pada tanggal 17 July 2010. Sutradaranya bernama Hiromasa Yonebayashi yang merupakan sutradara termuda bagi studio Ghibi.

Sebenarnya, studio Ghibi adalah studio kegemaranku karena banyak film fantasy dibuatnya seperti Owl’s moving castle, dan lain-lain. Dan ini salah satunya, dilihat dari tahun pembuatannya bisa dibilang film ini terbaru dari studio Ghibi. Kuharap studio Ghibi membuat film fantasy lagi deh, dan tidak hanya itu pendiri studio Ghibi bernama Hayao Miyazaki.! Wow, makin tambah suka lagi nih. hehe

Berikut ini ringkasannya.

Cerita ini berlatar belakang di Koganei, Tokyo barat. Seorang cowok tokoh utama bernama Sho tiba di suatu rumah dengan lingkungan yang indah, tenang, aman, dan damai setelah diantarkan oleh tante Sadako. Rumah itu merupakan tempat tinggal ibu Sho yang dulu waktu ibu Sho masih kecil. Sho pindah rumah karena sakit jantung yang dideritanya dan akan menghadapi operasi tidak lama setelah hari itu. Nah setelah tiba, Sho turun dari mobil dan melihat seekor kucing sedang mengejar sesuatu. Karena penasaran, Sho mengintip sejenak dan tidak sengaja melihat orang kecil dengan tinggi sekitar 10 cm.!

Entah karena kaget atau takjub, Sho hanya diam dan melihat orang kecil itu. Orang kecil itu langsung menghilang dan pergi ke arah selokan. Setelah kejadian itu, Sho dipanggil Sadako untuk masuk ke dalam rumah. Sho masih penasaran sama orang kecil itu.

Sekarang kita ambil sudut pandang orang kecil itu, orang kecil tadi adalah cewek bernama Arrietty. Di tengah perjalanan pulang menuju ke rumahnya, dia dikejar kucing dan beberapa belalang yang mengincar bunga yang dibawanya. Setelah tiba di rumahnya dan masuk ke dalam kamarnya lewat jendela, Arrietty menaruh bunga dan daun di kamarnya yang sudah penuh bunga sana sini.

Ibu arrietty masuk dan menegur arrietty untuk jangan sembarangan keluar dari rumah karena berbahaya. Arrietty tampaknya tidak memperhatikan tegurannya dan merasa sudah bisa melindungi dirinya sendiri dari hal yang berbahaya bagi orang kecil. Sambil menunggu ayahnya pulang, arrietty membantu ibu mempersiapkan peralatan makan.

Saat ayahnya pulang dari penjelajahan, arrietty menjadi semangat dan ingin ayah membawanya menjelajahi rumah manusia karena hari itu adalah hari ulang tahunnya yang ke empatbelas atau limabelas (lupa yang mana, hehe). Ayah setuju dan membawanya menjelajahi rumah untuk “meminjam” persediaan makanan milik manusia. Mereka pergi ke dapur dan mengambil gula dalam bentuk kotak.

Berikutnya mau ambil selembar tisu, tapi malangnya di tengah pengambilan itu arrietty telah dilihat oleh Sho. Ayah merasa khawatir dan menyuruh arrietty untuk kembali ke rumahnya. Dalam perjalanan kembali, arrietty tidak sengaja menjatuhkan gula tadi. Arrietty tidak bisa berbuat apa-apa dan segera kembali, setelah kembali ke rumahnya ayah segera menyuruh semua bersiap-siap untuk pindah tempat karena telah dilihat oleh Sho tadi. Namun, di tengah persiapan tersebut, Arrietty sempat bersahabat dengan Sho dan dari sini, petualangan Arrietty telah dimulai.

Nah, cerita ini menurutku agak pendek memang, tapi ceritanya cukup unik dan menarik untuk dinonton sampai selesai. Sutradaranya mungkin agak kurang memperhatikan karakter tokohnya, karena soalnya karakter tokohnya begitu agak kurang “hidup” atau dibangkitkan. Namun meski begitu, penempatan posisi pada tiap karakter agak bagus.

Seperti yang anda pikirkan mengenai film ini, yap film ini menyediakan sudut pandang antara manusia dan orang kecil (Sho dan Arrietty). Namun mungkin salah juga ya, karena tokoh utama yang sebenarnya adalah Arrietty itu sendiri dan film ini sepenuhnya fokus sama Arrietty. Walaupun begitu, Sho tetap adalah tokoh utama yang kedua selain Arrietty.

Well pada dasarnya sih, film ini cocok dinikmati oleh semua kalangan baik dari kecil sampai dewasa. Silahkan nikmati😀

About Demina

An ordinary man that very loves books, anime, manga, internet, and drawing.
This entry was posted in The list of Anime The Movie and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s