Code Geass

Ah, sudah lama sekali aku tidak memposting… Yah.. Tadi aku sangat sibuk sih. Tidak sempat pula, tapi untungnya hari ini aku punya kesempatan untuk mempostingnya meski cuma sebentar. Nevermind, kali ini adalah Code Geass.!!

Judul yang sebenarnya adalah Code Geass : Lelouch of the rebellion, yang kemudian disingkat menjadi Code Geass. Bermula dari anime yang dibuat oleh Studio Sunrise, disutradarai oleh Goro Taniguchi dan ceritanya ditulis oleh Ichiro Okouchi. Ditayangkan di Mainichi Broadcasting System dari tanggal 5 Oktober 2006 sampai tanggal 28 July 2007, cukup lama ya.? Setelah itu, dibuat season kedua setelah season pertama yang rasanya cukup sukses besar. S2nya ditayangkan pada tanggal 6 April 2008 sampai 28 September 2008. Setelah semua itu, kemudian diadaptasi menjadi light novel dan manga.

Anime ini diterima dengan sangat baik di Jepang dengan menerima penghargaan antara lain Tokyo International Anime Fair, Animage Anime Grand Pix, dan Animation Kobe event. Selain itu, para pengkritik juga mengagumi anime seri ini. Begitu juga saya… hehe. anime ini berfokus pada perjuangan seorang anak SMA jenius dalam pemberontakan terhadap negara yang telah menjajah Jepang di mana anak SMA tersebut dilahirkan.

Genrenya adalah fantasy, strategy, drama, tragedy, supernatural, Mecha dan highschool. Well, setelah direkomendasikan oleh saudaraku mengenai anime ini, aku mencoba menontonnya dari awal sampai akhir. Haru kuakui bahwa aku benar-benar sangat menyukai anime ini walaupun endingnya agak kurang pas. Namun benar-benar suatu ending yang sulit diungkapkan dengan kata-kata. Bukan bad ending, bukan good ending pula. Lalu apa.? Anda silahkan nonton lah.

Berikut ini adalah ringkasannya.

Dunia dibagi menjadi tiga bagian superpowers yakni Britannia, The chinese federation, dan The Europian Union. Setahu saya, Britannia kini menjajah Jepang dan mengganti nama Jepang menjadi negara 11 sehingga setiap penduduk Jepang dianggap elevens. Wah, sungguh kejam ya.? Nah tokoh utamanya bernama Lelouch Lamperouge, yang merupakan bekas pangeran Britannia yang diasingkan bersama adiknya bernama Nunnally Lamperouge yang buta dan lumpuh. Jepang adalah tempat di mana Lelouch diasingkan bersama adiknya, dan itu membuat hati mereka berdua sakit. Hal ini membuat Lelouch menjadi sangat benci sama ayahnya yang telah mengasingkannya. Lelouch adalah anak SMA yang sangat jenius dan aku sendiri kagum sama kejeniusannya dalam mengatur strategi sih.

Tujuh tahun kemudian, Lelouch bertemu seorang gadis bernama C.C yang sedang kabur dari kejaran para prajurit Britannia. Untuk menyelamatkan hidupnya sendiri, C.C membuat kontrak dengan Lelouch dan kontrak tersebut membuat Lelouch mendapatkan kekuatan supernatural yang dinamakan Geass. Geass bisa membuat Lelouch memerintahkan orang yang ditatapinya melakukan apa yang diperintahkannya dengan syarat target harus ditatapi matanya oleh Lelouch tersebut. Dengan kekuatan ini dan kejeniusannya, Lelouch memberontak melawan Britannia dengan membaut pasukan pemberontak yang terdiri dari orang-orang Jepang yang ingin bebas dari penjajahan.

Lelouch ingin sekali membuat dunia yang sangat baik dan damai supaya adiknya bisa hidup dengan damai sesuai yang diinginkannya. Oleh karena itu, Lelouch memberontak melawan tiga bagian superpowers.! Namun, suatu masalah terjadi adalah teman baik Lelouch bernama Suzaku Kururugi ada di pihak Britannia.!

Dapatkah Lelouch mengalahkan tiga bagian superpowers tersebut.? Dapatkah dia membebaskan Jepang dari penjajahan.? Bagaimana dengan Suzaku.? Anda akan mendapat jawabannya dengan menonton season satu sampai dengan season dua.!!

Menurut saya terhadap anime ini adalah hebat.! Tidak ada hal mustahil bila kita berusaha berpikir keras. Seperti Lelouch bisa mengalahkan Britannia hanya dengan pasukan yang jumlahnya lebih kecil daripada Britannia. Hal ini menjelaskan bahwa kekuatan tidak ada gunanya bila kepintaran tidak digunakan. Kita bisa belajar banyak dari anime ini yang menakjubkan. Namun untuk menciptakan suatu dunia yang ideal sesuai dengan adiknya Lelouch, banyak pengorbanan harus dilakukan sampai membuat Lelouch menjadi penjahat yang perbuatannya sangat tidak disukai oleh para penduduk dunia. Namun di sisi lain, bagi Jepang yang telah bebas, Lelouch adalah pahlawan.

Seperti kisah Robin Hood saja, namun Lelouch sungguh hebat dan sanggup membawa beban yang sangat berat di bahunya sampai akhir hidupnya. Dan karena itu, saya mempostingnya di sini.

About Demina

An ordinary man that very loves books, anime, manga, internet, and drawing.
This entry was posted in The list of Anime, The list of Manga and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s