Death Note

Sambutlah, manga dan anime berjudul Death Note yang berarti Catatan Kematian.

Seperti yang anda dapat baca, manga ini ceritanya ditulis oleh Tsugumi Ohba dan diilustrasikan oleh Takeshi Obata. Diterbitkan di majalah Shonen Jump dari Januari 2004 hingga Mei 2006 dengan total 108 bab. Bila dalam seri buku, maka totalnya berjumlah 12 seri dan ditambah 1 buku khusus yang berjudul “How to read” yang berisi penjelasan dan profil tentang Death Note. Di Indonesia, anime ini ditayangkan di SCTV dan Global TV.

Oke. Sekarang saya akan menceritakan ringkasannya seringkas mungkin.

Bermula dari seorang mahasiswa jenius bernama Light Yagami yang secara kebetulan menemukan buku berjudul DEATH NOTE (Catatan Kematian) di tengah jalan. Light membuka bukunya dan buku itu cuma buku kosong biasa. Sesampai di rumah, light membaca peraturan yang ada di halaman terdepan dari buku itu. Peraturan itu berisi, siapapun yang namanya ditulis di buku tersebut akan mati dengan cara tertentu yang telah ditulis sebelumnya. Bila tidak ditulis penyebabnya, maka akan mati dalam waktu 40 detik. Batas waktu yang bisa dituliskan adalah 23 hari. Dan lain-lain.

Hal itu tentu saja membuat light tidak percaya dengan apa yang dibacanya. Kemudian light melihat TV yang lagi menyiarkan tentang pelaku pembunuhan. Berpikir sejenak, lalu light mencobanya dengan menuliskan nama pelaku pembunuhan tersebut. Setelah 40 detik, pelaku tersebut betul-betul meninggal dunia akibat serangan jantung yang tiba-tiba. Light mulanya semakin tidak percaya (lho?), dan akhirnya bisa melihat kesempatan untuk membangkitkan dunia baru di mana kejahatan tidak akan ada lagi dengan menggunakan buku tersebut itu.

Dia mulai menyebarluaskan kabar KIRA yang merupakan nama palsunya. Dan bercerita bahwa KIRA adalah pahlawan keadilan yang akan mengambil setiap nyawa pelaku kejahatan. Tentu saja, dia tidak sendirian, Light harus melawan detektif misterius namun sangat jenius atau bisa dikatakan sama jeniusnya dengan Light. Detektif itu bernama L. KIRA (Light) terus melawan L sampai akhir cerita.

Siapa yang menang.? Silahkan baca atau nonton sendiri bila anda penasaran dan suka genre misterius dan psikologi. Menurut saya terhadap manga yang satu ini adalah sangat cukup berat dan dalam untuk dipahami secara keseluruhan. Butuh keseriusan yang cukup tinggi untuk mengikuti ceritanya. Tapi bagaimanapun, ceritanya terasa agak ringan untuk dibaca kok. Itu kalau kamu tidak serius. hehe.

Nah, karena populer, maka manga ini diangkat menjadi film layar lebar atau Live Action. Covernya anda bisa lihat di bawah ini. Total ada 3 film yang telah keluar, dan tentu saja aku sudah menonton semuanya. Semuanya bagus.! Tetap tidak mengecewakan meski jalan ceritanya sedikit diubah.

About Demina

An ordinary man that very loves books, anime, manga, internet, and drawing.
This entry was posted in The list of Anime, The list of Manga and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s